Selasa, 24 November 2020

Terbitan Internasional


 


Terbitan Internasional adalah semua jenis terbitan yang diterbitkan oleh lembaga Internasional, lembaga tersebut mempunyai penerbitan masing-masing yang dapat dikategorikan sebagai terbitan internasional. Misalnya, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), United Nations Organization (UNO), Yayasan Asia (Asia Foundation), Yayasan Ford (Ford Foundation), Green Peace, International Moneter Fund (IMF), APEC dan sebagainya. Semua lembaga tersbut mempunyai terbitan masing-masing yang memiliki nilai informasi penting. American Library Association Glossary of Library Science membatasi terbitan pemerintah dan badan internasional sebagai berikut: setiap terbitan yang berasal dari, diterbitkan oleh, atau dengan biaya dan wewenang setiap kantor resmi atau lembaga internasional.

Spesifikasi disebut terbitan Internasional adalah

a.     Paten

Paten dalam arti terbitan tersebut merupakan dokumen resmi yang diberikan oleh Lembaga Internasional kepada pemilik penemuan yang menyatakan bahwa pemilik paten tersebut mempunyai hak untuk menggunakannya atau bahkan menjualnya, dengan batas waktu tertentu. Jika patennya sebuah produk/ terbitan ada karena munculnya ide/pikiran/hasil karya baik lembaga maupun perseorangan yang menyangkut hajat/kebermanfaatn hidup orang banyak, maka harus dimasukkan, didaftarkan dalam HKI (Hak Kekayaan Internasional)

 

                                      Contoh : HKI yang dimiliki UIN Sunan Kalijaga

b.     Standar

Standar adalah aturan-aturan formal yang dapat diaplikasikan pada semua sektor industri dan perdagangan yang meliputi tes, istilah, definisi dan simbol- simbol, spesifikasi konstruksi dan performance, kode aturan, dan hal-hal lain yang bersifat teknis.

Terbitan pemerintah merupakan terbitan yang diterbitkan oleh lembaga pemerintah yang berisi informasi mengenai pemerintahan, peraturan-peraturan atau perundangan, dan pengumuman-pengumuman resmi atau informasi resmi seperti dalam bidang pertanian, statistik, pendidikan dan pertahanan.


Isi Potongan Federal Register

Sedangkan karakteristik terbitan pemerintah dan badan internasional oleh Mustafa dan Saleh (2001:225) diuraikan sebagai berikut:

1.     Diterbitkan dalam jumlah yang sangat banyak. Biasanya untuk dibagikan secara cuma-cuma kebanyak pihak, nasional atau internasional sebagai media komunikasi dan penyebaran informasi.

2.     Selain diterbitkan oleh pemerintah atau kantor pusat, juga diterbitkan oleh pemerintah daerah atau kantor cabang. Meskipun biasanya di pemerintah atau kantor pusat ada bagian penerbitan khusus.

3.     Kebanyakan terbitan ini tidak dikenal secara umum. Sangat sedikit judul-judul terbitan ini yang dipublikasikan, sehingga banyak orang yang tidak mengetahui keberadaannya.

4.     Terbitan jenis ini jarang dicakup dalam bibliografi.

5.     Katalog resmi terbitan pemerintah sering kurang informatif. Susunan entri dalam katalog terbitan pemerintah kebanyakan didasarkan pada kelembagaan atau departemen dalam pemerintah, bukan berdasarkan subjek.

6.     Terbitan ini sukar atau tidak mungkin ditemukan di toko-toko buku pada umumnya

7.     Buku rujukan jenis ini boleh jadi merupakan sumber informasi penting satu-satunya mengenai informasi yang dibutuhkan. Adakalanya suatu informasi penting tertentu tidak dapat ditemukan dalam sumber-sumber lain selain dalam terbitan pemerintah dan badan internasional.

 

Jenis koleksi yang tergolong kedalam dokumen internasional atau penerbitan internasional biasanya disimpan di kantor kedutaan, di perpustakaan-perpustakaan besar, namun diperpustakaan kecil pun tidak menutup kemungkinan untuk menyediakannya. Perpustakaan khusus, dan perpustakaan nasional juga terkadang banyak menyediakan jenis koleksi ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbitan Internasional