Minggu, 18 Januari 2015

Rute Keuangan Setelah Punya Pasangan Hidup

Yang namanya pernikahan, pasti impian bagi semua orang setelah beranjak dewasa.Tapi setelah nikah, kalian udah siap belum sama semuanya? Termasuk urusan duit?  

(Tanpa bermaksud menggurui,karena saya juga baru belajar)   Saya coba jelasin satu-satu ya Mas,mba,om dan tante :
  1. Menabung dengan Rekening Bersama
Kalo yang namanya udah nikah, semuanya jadi milik berdua. Susah bareng, seneng bareng. Termasuk soal keuangan. Semuanya pasti dikelola bareng-bareng. Nah, biar nggak ada dusta diantara pasangan suami istri, hal pertama yang perlu dilakukan setelah menikah kalo urusan duit adalah rekening bersama. Jadi suami istri tau kondisi keuangan keluarga secara terbuka. Iya nggak
?
 
2. Punya Asuransi yang Memadai
Kalo di negara-negara maju, setelah dua orang married, mereka bakal nyiapin asuransi. Kenapa harus ada asuransi? Ya, namanya sudah berkeluarga, agan nggak tau bakal sakit, bakal kenapa-kenapa suatu saat. Asuransi buat jaga-jaga gan. Simpelnya, biar nggak nyusahin keuangan keluarga pas agan sendiri lagi susah.
Asuransi buang-buang duit? Hm.... ada lho asuransi yang sekarang juga jadi tabungan masa depan.
  
 
3.Buka Tabungan Pendidikan
Setelah nikah, pasti yang diinginkan adalah segera punya momongan. Keluarga mas atau sista nggak bakalan sempurna kalo belum dikasih anak sama Tuhan. Belum lagi mertua atau orang tua yang ribut terus minta cucu.
Nah, kalo udah punya anak, urusan keuangannya juga ada yang lebih penting! Kamu nggak pengen kan punya anak terus disekolahin asal? Ya, pendidikan itu penting. Walau katanya sekarang pendidikan gratis, tapi nggak bisa bohong, pendidikan berkualitas perlu biaya yang nggak sedikit Iya to?Jangan sampe,mas dan sista kalo dandan kaya artis dan pejabat,tapi anak2 kalian ga berpendidikan.Na wong dari kecilnya aja cuma diajari dandan menor tanpa dibekali imu dan agama.
 
 
4a.Mengajukan Kredit Rumah atau Mobil
Kalo udah nikah, pasti perlu ini itu. Pengen punya rumah sendiri, pengen jalan-jalan pake kendaraan sendiri sekeluarga. Nah, fase selanjutnya adalah mas dan sista perlu nyiapin yang namanya kredit rumah atau mobil. Kalo bisa beli cash, buat kamu yang tajir, itu lebih baik. Cuma kalo ngeliat kondisi sekarang, dengan gaji rata-rata penduduk yang nggak nyampe 3-8 juta, sementara harga rumah atau mobil bisa nyampe ratusan juta, kredit alias nyicil adalah alternatif ideal. Makannya perlu disiapin keuangan yang ini.
 
 
4b.Siapin Budget Liburan
Yang namanya berkeluarga, pasti pengen liburan bareng istri, suami, sama anak ya kan? Jaman sekarang, liburan juga perlu biaya. Nah, budget liburan juga perlu kamu siapin setelah nikah. Nabung  
5.Rencanakan Dana Pensiun
Setelah umur nggak produktif lagi, nggak bisa kerja lagi, kita cuma bisa ngandelin tabungan yang selama ini kita siapkan sejak sebelum nikah. Makannya itu, setelah nikah, jangan nunda-nunda yang namanya biaya hari tua. Tujuannya? Biar kita nggak nyusahin orang lain pas udah tua. Cukup nikmati kebahagiaan bareng pasangan, dan melihat anak tumbuh dewasa, lalu keluar dari rumah sama kayak mas dan sista pertama kali pamit ke orang tua buat berkeluarga sendiri. 
  Bahagia di hari tua...amien!        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbitan Internasional